SELAMAT DATANG
Mari berbuat daripada hanya berdiam diri !

PENGARUH ROKOK TERHADAP KESEHATAN


PENGARUH ROKOK TERHADAP KESEHATAN

A.   Pengertian Rokok
Rokok merupakan lintingan tembakau yang digulung dengan kertas, daun, kulit kelongsong jagung sebesar kelingking dan panjangnya mencapai 8-10 cm dihisap orang setelah dibakar ujungnya.

B.   Bahan Kimia Dalam Rokok
Rokok mengandung 4000 zat organic, baik berupa gas maupun partikel yang umumnya bersifat racun (toksik), iritasi, dapat menimbulkan kanker (karsinogenik)., bersifat radioaktif dan menyebabkan kecanduan (adiktif). Bila satu batang rokok dibakar, maka racun yang keluar adalah nikotin, gas karbon monoksida, nitrogen oksida, hydrogen cyanide, ammonia, acrolin, acetiln, benzaldehyde, urethane, benzene, methanol, coumarin, 4-ethylcathechol, ortocresol, perylene, dan lain-lain.

Dalam penyuluhan ini kami hanya menjelaskan 7 bahan kimia yang sangat berbahaya :
1.      Nikotin
Cairan berminyak yang tidak berwarna dan membuat rasa perih yang sangat. Nikotin dapat menghambat kontraksi rasa lapar. Selain menyebabkan ketagihan merokok, nikotin juga merangsang pelepasan adrenalin, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen, serta menyebabkan gangguan irama jantung. Nikotin juga mempengaruhi kerja saraf, otak, juga mengaktifkan trombosit dengan akibat timbulnya adhesi trombosit (penggumpalan) ke dinding pembuluh darah.

2.      Tar
Tar adalah kumpulan dari ratusan bahkan ribuan bahan kimia dalam komponen padat asap rokok setelah dikurangi nikotin dan air yang berwujud cairan kental berwaena coklat tua/ hitam.Tar ini mengandung bahan-bahan karsinogen yang memicu terjadinya sel kanker.

3.      CO (carbon monoksida)
Gas tidak berbau dihasilkan oleh pembakaran tidak sempurna usur arang dan karbon. Gas ini sama dengan asap yang dihasilkan oleh knalpot mobil/motor. Zat ini  sangat beracun karena dapat menghambat pengangkutan Oksigen (O2) ke otot. Oleh karena ATP yang dibutuhkan otak berasal dari fungsi otot maka seorang perokok akan mudah capek dan gas CO menimbulkan desaturasi hemoglobin, menurunkan langsung persediaan oksigen untuk jaringan seluruh tubuh termasuk miokard. Gas CO menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/ penebalan dinding pembuluh darah).

4.      Amonia
Gas yang terdiri dari hydrogen dan nitrogen. Amonia sangat gampang memasuki sel-sel tubuh. Racun omonia sangat keras, sehingga kalau disuntikan sedikit saja ke pembuluh darah akan menyebabkan pingsan/ koma.

5.      Formaldehida
Gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini tergolong pengawet dan pembasmi hama. Salah satu jenis zat ini adalah formalin.

6.      Arsen
Arsen merupakan racun tikus.

C.   Pengaruh Buruk Merokok
Beberapa orang berangapan bahwa wanita umumnya merokok untuk memperoleh efek sedasi, yang dapat membantu mereka menanggulangi masalah yang dihadapi sehari-hari. Sedangkan kaum pria merokok untuk efek stimulasi,karena mereka mendapat kenikmatan darinya. Jelaslah bahwa semakin lama orang merokok semakin sulit usaha untuk menghentikannya.

Adapun pengaruh buruk dari merokok :
1.      Menghabiskan uang Anda
Tanpa Rokok anda akan bisa punya ini dan itu.
2.      Rokok akan merenggut’ kejantanan’ anda
3.      Rokok menghadiahi anda 25 penyakit, mulai dari kaki hingga ujung kepala (dari penyakit kulit hingga kebotakan)
4.      Rokok seperti narkoba, bikin anda kecanduan dan jika berhenti akan timbul gejala ‘putus rokok’
5.      Rokok membuat kuku dan gigi anda kuning, membuat anda tampak lebih tua , lemah, dan mulut  bau
6.      Rokok, manfaat jangka pendek (meningkatkan kesadaran, mengurangi emosi dan memberi kenikmatan), dengan resiko jangka panjang (penyakit mati lebih cepat)
7.      Kebakaran akibat merokok
8.      Kecelakaan lalu lintas akibat merokok
9.      Hari-hari kerja yang hilang karena merokok
10.  Pengaruh terhadap orang lain

D.   Penyakit Yang Disebabkan Karena Merokok
                  Penyakit yang ada hubungannya dengan merokok adalah penyakit yang diakibatkan langsung oleh merokok atau yang diperburuk keadaannya  karena orang itu merokok. Namun, penyakit yang menyebabkan kematian para perokok adalah :

1.      Penyakit jantung koroner
Merokok menaikan tekanan darah dan mempercepat denyut jantung sementara itu pada saat yang sama pemasokan zat asam kurang dari normal, yakni yang diperlukan agar jantung dapat berfungsi dengan baik. Keadaan ini membebani tugas otot jantung. Merokok juga mengakibatkan dinding pembuluh darah menebal secara bertahap yang menyulitkan jantung untuk memompa darah.

2.      Trombosis koroner
Trombosis koroner atau serangan jantung terjadi bilamana bekuan darah menutup salah satu pembuluh darah jantung yang utama memasok darah jantung. Akibatnya jantung kekurangan darah dan kadang-kadang menghentikannya sama sekali. Merokok membuat darah orang itu menjadi lebih lengket dan lebih mudah membeku.

3.      Kanker Paru-paru
Kanker adalah penyakit yang sel-sel di beberapa bagian tubuh tumbuh mengganda secara tiba-tiba dan tidak behenti. Dalam tar tembakau terdapat sejumlah bahan kimia yang juga bersifat karsinogenik Tar tembakau dapat menyebabkan kanker bilamana merangsang tubuh untuk waktu yang cukup lama, misalnya di daerah mulut dan tenggorokan.

4.      Bronkitis
Bronkitis terjadi karena paru-paru dan alur udara tidak dapat melepaskan mukus yang terdapat didalamnya dengan cara normal. Asap rokok memperlambat gerakan silia dan setelah jangka waktu tertentu akan merusaknya. Keadaan ini berarti seorang perokok harus lebih banyak batuk untuk mengeluarkan mukusnya, karena sistemnya tidak lagi bekerja sebaik semula.

5.      Emphysema
Emphysema menyebabkan rusaknya sebagian dinding paru akibat udara yang tercemar yang tidak lain adalah asap rokok. Biasanya si penderita sukar bernapas, batuk-batuk, mempunyai kerongkongan yang berlendir banyak, penciuman yang kurang beres, serta napas yang pendek. Kerusakan jaringan-jaringan dalam paru ini membuat paru-paru kurang elastis dan mengakibatkan tertinggalnya karbondioksida di dalamnnya setiap kali seseorang bernapas.

E.    Cara-Cara Berhenti Merokok
Beberapa  cara untuk menghentikan kebiasaan merokok  :
1.      Buang perlengkapan merokok
2.      Ingatlah selalu bahayanya rokok jika anda hendak merokok
3.      Lakukan kegiatan yang membuat anda lupa akan rokok
4.      Percaya pada diri sendiri untuk berhenti merokok
5.      Tolak ajakan untuk berhenti merokok dengan mengatakan “maaf, saya tidak merokok “
6.      Nikmati hidup apa adanya
7.      Ubahlah merk rokok anda, ubahlah hidup anda
8.      Sepiring buah tiap hari
9.      Rancangkan duit yang biasanya anda belikan rokok untuk keperluan lain.
10.  Lakukan pijatan anti godaan rokok
Kebiasaan untuk berhenti merokok  juga dapat dilakukan dengan pijat refleksi (anti godaaan rokok).

F.    Pijat Refleksi Anti Godaan Rokok
CARANYA :
Jari tangan yang satu memijat tangan yang lain.
1.      Pijatan pertama, lakukan tepat di tengah telapak tangan.
2.      Pijatan kedua, lakukan di punggung  tangan, tepatnya di antara  jari telunjuk dan jempol.
Tip ini merupakan hasil penelitian para ahli di Universitas Miami pada sepuluh orang perokok. Hasilnya, dalam sebulan mereka berhasil mengurangi jumlah rokok yang dihisap hingga 25% ketimbang responden yang berusaha berhenti mengggunakan cara tradisional lainnya.

G.   Gambar Rokok

7 komentar:

  1. Artikelnya bagus teman. Semoga ini bermanfaat untuk meminimalisir jumlah perokok di kalangan pelajar khususnya ..

    BalasHapus
  2. okee, thank buat comentnya brow.
    semoga ini menyadarkan kita akan bahayanya rokok bagi kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. stuju monsieur!
      rokok tu mahal mnding uangnya pke beli pulsa, so kalo kgak mau bokek, kurangin tu jatah ngrokok

      Hapus
  3. sayangi hidup kita dengan menumbuhkan kesadaran akan bahaya rokok...
    matikan anda sebelum anda dimatikan oleh rokok....

    BalasHapus
  4. Artikel sangat bagus...
    Visit my blog :
    http://aryaandita.blogspot.com

    BalasHapus
  5. dari artikel ini, saya dapat menemuka satu kelemahan yaitu
    walaupun badan-badan kesehatan ataupun pecinta lingkunngan dan sebagainya telah mengadakan sosialisasi dan sebagainya tentang bahaya rokok tetap saja warga Indonesia tetap tidak bisa berhen ti merokok, dan sebagian besar pekerjaan masyarakat bergantung dari perusahaan rokok

    visit : egxci.blogspot.com

    BalasHapus
  6. arya@ okee thank's buat kunjungannya..
    lina@ yaa tergantung dari kesadaran kita akan bahayanya rokok, himbauan ada tapi sekarang tergantung kita.

    BalasHapus