SELAMAT DATANG
Mari berbuat daripada hanya berdiam diri !

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM REPRODUKSI MANUSIA


G
angguan pada sistem reproduksi manusia  yang disebabkan oleh bakteri atau virus dan sebagainya disebut dengan penyakit kelamin. Penyakit kelamin pada manusia ada beberapa macam jenisnya, diantaranya yaitu :

GONORE
Nama lain dari penyakit ini ialah kencing nanah, uretritis spesifik, GO. Penyakit ini disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrhea. Gejala penyakit ini salah satunya ialah keluarnya nanah pada vagina atau penis. Orang yang menderita penyakit ini pada saat kencing akan merasa sakit.

KLAMIDIASIS
Nama lain dari penyakit ini adalah uretritis non-gonore, uretritis non-spesifik ( UNS ). Dari kasus penyakit kelamin non-gonore diperkirakan disebabkan oleh Chlamydia trachomatis. Gejala penyakit ini sama seperti gonore hanya perbedaannya adalah banyak perempuan yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Komplikasi yang menyebabkan kemandulan pada perempuan juga umum terjadi.

SIFILIS
Nama lain dari penyakit ini adalah Raja Singa. Penyakit sifilis disebabkan oleh Treponema palladium, yaitu sebuah spirochete ( bakteri yang berbentuk spiral ). Gejalanya ialah timbul luka beberapa minggu setelah tertular penyakit ini, yang merupakan luka borok dan tidak sakit pada daerah tempat hubungan pertama kali terjadi. Pada 1-3 bulan tahap kedua muncul ditandai dengan ruam yang menyebar dan pembengkakan kelenjar. Kemudian pada tahap ketiga penyakit ini dapat menyerang susunan saraf dan sistem kardiovaskuler.

HERPES GENITALIA
Nama lain penyakit ini ialah Herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 ( HVS-2). Herpes akan kelihatan setelah 20-30 hari bersenggama. Gejala umumnya adalah timbul bintil-bintil kecil berisi caira yang terasa sakit, di alat kelamin/dubur atau mulut.

CANDIDA
Nama lain penyakit ini ialah keputihan. Candida atau keputihan disebabkan oleh infeksi pada dinding rahim.

AIDS
AIDS adalah Acquired Immune Deficiency Syndrom ( sekumpulan gejala penyakit, yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh ). Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan hidup di 4 cairan tubuh manusia yaitu :
Ø  Cairan darah
Ø  Cairan sperma
Ø  Cairan vagina
Ø  Air Susu Ibu ( ASI ).
Cara penularan penyakit ini ialah melalui 4 cairan tubuh manusia di atas. Berbagai upaya telah diupayakan untuk mencegah penyakit ini dan penyakit ini tidak ada obatnya.
Demikian uraian singkat tentang beberapa penyakit kelamin pada sistem reproduksi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar