SELAMAT DATANG
Mari berbuat daripada hanya berdiam diri !

            A.     JUDUL          : Tekanan osmotik
            B.     TUJUAN       : Mengamati terjadinya tekanan osmotik
C.    MASALAH   : Apakah perbedaan konsentrasi dua larutan yang dibatasi dengan selaput semipermiabel dalam percobaan yang dilakukan dapat menimbulkan tekanan osmotik ?

D.    HIPOTESIS
                  Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat diajukan hipotesis sebagai berikut :
a.         H0 : Perbedaan konsentrasi dua larutan yang dibatasi dengan selaput semipermiabel dalam percobaan yang dilakukan dapat menimbulkan tekanan osmotik.
b.         H1 : Perbedaan konsentrasi dua larutan yang dibatasi dengan selaput semipermiabel dalam percobaan yang dilakukan dapat menimbulkan tekanan osmotik.

E.    LANDASAN TEORI
           Peristiwa bergeraknya partikel (molekul atau ion) mwlalui dinding semipermiabel disebut dengan osmosis. Tekanan yang digunakan untuk melawan peristiwa osmosis disebut  dengan tekanan osmotik. Dua larutan yang berbeda mempunyai tekanan osmotik sama disebut isotonik, dan larutan yang mempunyai tekanan osmotik lebih tinggi daripada yang lain disebut dengan hipertonis, sedangkan hipotonis menyatakan keadaan di mana suatu larutan mempunyai tekanan osmotik lebih rendah daripada larutan yang lain.


F.     RANCANGAN PERCOBAAN
1.      Alat dan bahan            :
a.         Gelas kimia
b.         Tabung reaksi
c.         Selaput telur (membrane semipermiabel)
d.        Larutan gula
e.         Air
f.          Benang atau karet

2.      Prosedur                      :
a.         Siapkan alat dan bahan praktikum.
b.         Isi gelas kimia dengan air secukupnya.
c.         Isi tabung reaksi dengan larutan gula, lalu tutup tabung reaksi dengan selaput telur (membran semipermiabel) kemudian ikat dengan benang atau karet yang telah disediakan.
d.        Secara perlahan, masukkan tabung reaksi tersebut ke gelas kimia yang telah disiapkan dengan bagian yang ditutup selaput telur diposisikan terendam dalam air.
e.         Amatilah apa yang terjadi.

G.   HASIL PENGAMATAN
                              Berdasarkan dari percobaan dan pengamatan yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu permukaan air gula yang berada pada tabung reaksi bertambah tinggi.

H.    KESIMPULAN
Berdasarkan dari hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 yakni perbedaan konsentrasi dua larutan yang dibatasi dengan selaput semipermiabel dalam percobaan yang dilakukan dapat menimbulkan tekanan osmotik diterima dibuktikan dengan peristiwa bertambah tingginya permukaan air gula di dalam tabung reaksi yang direndam dalam air kemudian dibatasi selaput telur sebagai pengganti membran semipermiabel. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan konsentrasi larutan yakni larutan gula bersifat hipertonis sedangkan larutan air bersifat hipotonis yang menyebabkan terjadinya peristiwa osmosis kemudian mengakibatkan adanya tekanan osmotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar